Rabu, 23 Desember 2015

Pontianak kota Hantu

Pontianak. Apa itu? kota hantu? Atau hanya sekedar sebutan saja. Tapi yang lebih menariknya lagi adalah Pontianak berasal dari sebutan dari musuh pendirinya. Kuntilanak. Bukan nama pendirinya sebagai nama kota ini tetapi nama musuh pendiri kota Pontianak. Hantu kuntilanak.


Ya, pada zaman dahulu, ketika saat membangun perkampungan di daerah yang namanya Pontianak ini, sang Sultan dan kawan-kawananya dihadang oleh musuh yang hendak menghadangnya. Musuh itu tak lain dan tak bukan adalah hantu kuntilanak. 

Sang Sultan dan pengikutnya menyerang hantu Kuntilanak tersebut dengan meriam. Meriam inilah sebagai pengusir hantu kuntilanak. Alhasil, hantu kuntilanak lari terbirit-birit oleh meriam yang ditembakan ke hantu tersebut. Sejak saat itulah nama kota ini disebut dengan nama Pontianak.

Mulia sekali hati pendiri kota ini. Coba saja kita lihat berbagai negara di dunia yang memiliki asal muasal hantu. Bayangkan ada vampir, drakula, pocong dan serigala jadi-jadian. Namun tak ada nama kota asal hantu tersebut dijadikan nama kota. Tak ada nama kota vampir, kota drakula dan kota pocong, hanya Pontianaklah disebut sebagai kota kuntilanak. Hantu kuntilanak.

Namun kesemua itu, kita dapat melihat Pontianak itu kota bersinar, kota khatulistiwa dan kota sungai. Sungai Kapuas merupakan sungai  terpanjang di Indonesia dan memiliki anak sungai yang tak kalah banyaknya.

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda