Jumat, 25 Desember 2015

Desa Matang Danau (KKL 4)


GAMBARAN UMUM DESA MATANG DANAU
A.    LETAK GEOGRAFIS
     Luas wilayah dan besarnya jumlah penduduk Desa Matang Danau merupakan  salah satu faktor pendukung dan potensi dalam melaksanakan otonomi Desa. Disamping itu, yang tak kalah pentingnya adalah tingkat partipasi  Masyarakat yang tinggi dalam membangun Desa merupakan faktor yang paling utama dalam memajukan Desa.
     Desa Matang Danau Kecamatan Paloh memiliki wilayah 4.401 Ha. Yang terdiri dari; lahan pertanian tanaman padi 750 Ha, Perumahan dan Pekarangan 1,5 Ha lahan  perkebunan Rakyat 1,75 Ha, Tanah wakaf, 13.339 Ha.
     Adapun batas-batas Desa  Matang Danau Sebagai berikut : Sebelah Utara dengan  Desa Laut Matuna. Sebelah Selatan dengan Desa   Matang Segantar dan Mulia Kecamatan Teluk Keramat. Sebelah Barat dengan Desa Kalimantan Kecamatan Paloh dan Merabuan kec. Tangaran. Sebelah Timur dengan Desa Tanah Hitam.
B.     PROFIL DESA
Desa Matang Danau merupakan desa yang terletak di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini kemudian terdapat empat dusun, yaitu; Dusun Pantai Laut, Dusun Mariana, Dusun Perigi Nyatu dan Dusun Matang Putus.
Menurut data yang di dapat dari kantor desa, Penduduk Desa Matang Danau berjumlah 3.981   Jiwa yang terdiri dari : Laki-laki  2.033  Jiwa dan  Perempuan 1.948 Jiwa dan sebanyak 1.158  Kepala Keluarga.
Mata pencaharian masyarakat Desa  Matang Danau  terdiri dari; Petani 3.490 Orang, Nelayan 42 Orang, Usaha industri sedang 10 0rang, Pedagang 54 Orang, PNS/TNI/POLRI 76  Orang.  Swasta dan lainnya  17 Orang, Usaha industri kecil 3 orang, Buruh bangunan 18 orang, Pengangkutan 3 orang, perkebunan kecil 13 orang.
     Desa ini juga merupakan penggabungan untuk dua desa. Mengapa demikian? Sebab dulunya Dusun Matang Putus itu desa tersendiri. Yaitu desa Matang Putus. Kemudian setelah paska kerusuhan. Sebagian penduduknya pindah ke daerah lain. Akhirnya, desa Matang Putus menjadi dusun dan bergabung di desa Matang Danau.
1.      Potensi Kelembagaan
     Berbagai lembaga-lembaga yang terdapat di desa Matang Danau memiliki fungsi dan peranan penting. Sebab jenis lembaga-lembaga tersebut merupakan upaya untuk membantu dalam mensejahterakan desa. Adapun jenis-jenis lembaga tersebut adalah sebagai berikut:
1.1  Lembaga Pemerintahan
       Lembaga pemerintahan merupakan lembaga yang mengatur untuk memimpin, melindungi dan menertibkan keadaan desa. Adapun pemerintahan desa terdapat dua lembaga, yaitu kepala desa dan perangkat-perangkat desa, dan yang kedua adalah Badan Permusyawaratan Desa. Untuk  pendidikan terakhir  kepala desa adalah  tamatan SMA Sederajat, sedangkan untuk perangkat desanya ada yang D3 dan S1. Kemudian untuk jumlah RW ada 5, dan untuk jumlah RT adalah berjumlah 17.
            Terdapat pula perangkat-perangkat desa lainnya seperti BPD dengan yang jumlah anggotanya  orang, kemudian untuk pendidikan terakhir ketua BPD adalah tamatan SMA.
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda