Senin, 29 Februari 2016

Free Wifi

Wah, wah tak terasa sudah masuk pekan ke delapan di Liga Blogger Indonesia (LBI) 2016. Dan kali ini, para peserta dimintai untuk menuliskan tentang internet yang digunakan oleh peserta LBI 2016. Walau sebenarnya untuk saya sendiri, dalam urusan ini saya bisa dikatakan alhamdulillah mudah. Kenapa demikian? Sebab saya begitu bersyukur karena tidak ada kendala untuk saya dalam menggunakan internet.

Ya, saya bebas menggunakannya. Dan gratis sahabat. Sejak di pekan pertama hingga kini. Alhamdulillah masih bisa menggunakan wifi di rumah tetangga dan kampus. selain menggunakan fasilitas wifi tetangga dan kampus, terkadang  juga saya gunakan modem (Itu bila kepepet, hehe). Dan selama saya gunakan modem, aduh minta ampun deh susah banget sinyalnya, apalagi kalo saya gunakan kartu itu....(Tet tet sensor) wah...
Share: 

Minggu, 28 Februari 2016

Cuti Kuliah Saya

Pada tanggal 26 Februari 2016 adalah hari terakhir daftar ulang (Perpanjangannya), dan saya baru mendapati pinjaman uang, baru jam 14:45 WIB. Padahal Bank akan tutup pada jam 15:00 WIB.

Dapat pinjaman uang, lalu datang ke bank syariah di kampus kite tuh. Pas datang dan liat, eh udah tutup Banknye, kate petugasnye udah tutop. Sistemnya pon udah di matikan, petugas itu menyarankan supaya saya pergi ke bank yang di depan Mega Mall Ayani. Alhasil saya pun tancap gas menuju ke sana. Rupanya sudah tutup juga, aduh mati saya, bisa2 cuti kuliahnya (Pikir saya dalam hati). Saya bilang ke satpamnya, bahwa ini penting demi masa depan saya, akhirnya satpamnya iba dan mau membukakan pintu bank tersebut.

Share: 

Sabtu, 27 Februari 2016

Merawat Kebersamaan

Ini loh ketika saat pertama masuk kuliah. Bagi saya sih pengalaman ini biasa-biasa saja. Selain saya sudah lama tahu komplek IAIN Pontianak ini. Kurang lebih sekitar tiga tahunan. Mau tidak mau saya sudah mengenal cukup lama tentang kampus ini. Kebetulan sekolah Aliyah saya adalah Lab School-nya IAIN, dan juga satu komplek dengan kampus ini. jadilah dalam satu kampus, terdapat satu sekolah. Tapi sekarang sekolah saya udah jadi MAN 3 Pontianak, dengan begitu, tak ada lagi Lab School IAIN Pontianak.



Share: 

Rabu, 24 Februari 2016

Sepatu Burok

Haha. Pembahasan kali ini yaitu tentang sepasang sepatu yang selalu setia menemani. Ingat pertama kali membeli sepatu ini, mana kala terdengar ketika saya diterima masuk ke perguruan IAIN Pontianak. Saya membeli sepatu ini, selain untuk digunakan kuliah, juga saya gunakan untuk keperluan lainnnya semisal untuk jalan-jalan.

Sepatu ini adalah sejarah bagi saya. Kenapa saya katakan sejarah? Sebab dia telah lama menemani pemiliknya ini, hingga masa studi saya usai sejak seminggu terakhir. Makanya juga, saya sangat berterima kasih kepada sepatu ini, karena telah sudi menjadi pendamping saya, dikala saat menggunakannya. hihi.
Share: 

Ingat Cerita Bude

Saya teringat dengan cerita Bude saya. Cerita ini sebenarnya udah lama, sekitar dua tahun yang lalu. Sebenarnya sudah lama saya ingin menceritakan perihal kisah ini. Mungkin sebagian besar orang sudah tahu dan atau memang tidak mau tahu bahkan kitanya sendiri yang benar-benar berpura untuk tidak tahu.

Karena Bude sudah saya anggap sebagai orang tua sendiri, begitupun juga dengan dia. Ya, dia sudah menganggap saya sebagai anaknya sendiri. Walaupun kita tinggalnya tidak bersama, tetapi kami tetangga. Bude umurnya, kira-kira seumuran dengan ibu saya di Kampung, tepatnya di desa Sepok Laut, kecamatan Sungai Kakap.



Share: 

Senin, 22 Februari 2016

Inilah Blog Yang Saya Review

Tema pekan ketujuh LBI kali ini adalah Review Profil Peserta LBI 2016. Saya juga rada bingung dengan tema ini. Mungkin ini merupakan review pertama saya selama ngeblog, hihi. Tapi begitu mengasyikan, berkat LBI, disiplin saya untuk menulis di blog ini menjadi bertambah. Alhamdulillah, begitu juga dengan tampilan blog saya, semula terlihat biasa-biasa saja, kini sudah lumayan dari biasanya.

Pekan ketujuh kali ini, kebetulan lawan duel saya adalah Mas @maschunsofwan, jadi saya harus mereview blog yang dia punya. Blog yang beralamatkan http://www.maschun.com/ ini menceritakan berbagai macam dari segala kisah.


Share: 

Jalan-jalan di Kota Palu

Berkaca pada pengalamaan dan di pertengahan bulan Mei 2015 lalu. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke kota Palu Sulawesi Tengah. Sebenarnya, dulu ini sebenarnya pernah saya tulis. Tapi hanya gambaran sedikit saja. Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya, ketika berada di kota Palu.


Pantai Tanjung Karang

Share: 

Minggu, 21 Februari 2016

Itulah Uang..............

Masih teringat kalimat yg pernah saya dengar ketika 5 tahunan yg lalu. Berkata salah seorang di kampung saya. "Pabila ringan tangan, maka beratlah perut. Namun apabila tangan kita berat, maka ringanlah perut kita".

Teringatjuga dengan kata dosen saya, bahwa sesungguhnya tak ada orang yg miskin. Yang ada hanyalah orang yang "malas". Malas dalam artian, tidak mampu memenuhi segala kebutuhannya.


Share: 

Jumat, 19 Februari 2016

Rabu, 17 Februari 2016

Semuanya Karena Uang (1)

Bukan apa. Atau punya maksud tertentu dalam menuliskan ini, tapi saya ingin sampaikan kepada kalian yang merasa cukup, udah tenang dalam hidupnya karena sudah pasti dan pasti dikirimkan uang oleh orangtuanya. Saya tidak membandingkan dan saya tidak sok-sok-an. Apalagi merasa sombong. Tapi, perlu kalian ketahui, inilah, ya, mau-mau saya-lah mau tulis apa di blog ini. Terserah kalian mau baca atau tidak.

Sumber Gambar Disini

Share: 

Selasa, 16 Februari 2016

Tiga Tips Dalam Menulis

Ini tips menulis dari dosen saya. Pak Yusriadi, seorang pembimbing Club Menulis IAIN Pontianak. Adapun tips-tips dan motivasinya yang selalu diberikan kepada saya adalah tentang idealisme seorang penulis, bahwa menulis itu adalah sebuah panggilan jiwa. Adapun tips dari beliau adalah:


Pertama, Untuk dapat menjadi penulis atau pengarang yang produktif, giat berlatih adalah kunci utamanya. Semakin terlarih seseorang dalam menulis, maka akan semakin lancar dan produktif ia dalam menulis.
Share: 

Senin, 15 Februari 2016

Motivasi Pelajar Untuk Punya Blog

Sudah beberapa kali saya ditanyai orang tentang penghasilan saya selama ngeblog. Banyak sudah kawan-kawan yang bertanya tentang perihal blog yang saya kelola ini. Baik itu kawan-kawan mahasiswa, ataupun dari adik-adik pelajar sendiri. Kesemua itu pertanyaannya mengenai perihal penghasilan saya selama menulis blog ini.

Saya menjumpai adik-adik SMA yang sudah pernah membaca tulisan di blog saya ini. Lalu kemudian, terjadilah dialog sebagai berikut:


Sumber Gambar blog disini



Share: 

Minggu, 14 Februari 2016

Ay Lof Yu

Apa kau tidak letih setiap saat bermain cerita yang sama, tapi dengan orang yang berbeda?

Apa kau tidak lelah mengucapkan kalimat yang sama, kalimat tentang cinta? Tapi sama orang yang berbeda?

Lalu kenapa kau harus mengulangi cerita yang sama persis setiap hari pada orang yang berbeda?
Share: 

Rabu, 10 Februari 2016

Imlek dan Satria Baja Hitam


Tadik pagi jam delapan, sebenarnye maok kuliah. Eist sebelom kuliah, ternyate saye mendapati sms dari hape Nokia saye nih, sms dari kawan cewek. Itu be, kawan sekelas saye. Die sebenarnye ingin minta titipkan tugas UAS kuliah kite hari ini. Kebetolan hari ini kite UAS  Seminar Ekonomi Islam, jadi tugasnye hanye ngumpolkan tugas proposal jak.

Sumber Gambar

Share: 

Kita Bisa

Hari ini. Rabu, 10 Februari 2016 katanya adalah hari terakhir untuk daftar ulang bagi mahasiswa di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Alangkah terkejutnya bukan main, selain belum ada uang untuk daftar ulang, juga  di kantong saya saja masih sedikit. Bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Tadi pagi hanya pinjam lima puluh ribu untuk perbaikan motor di Jalan Ampera, Pontianak.

Menurut yang saya kira, proses pendaaftaran ulang kali ini sangatlah cepat dari biasanya. Selain kami masih belum selesai UAS, liburan saja belum. Dulu, kalo seperti biasanya kita daftar ulang, abis libur. Nah, setelah libur inilah saat dibuka proses pendaftaran ulang.
Share: 

Senin, 08 Februari 2016

Aku dan Club Menulis

Sebagaimana yang telah teman-teman ketahui sebelumnya, bahwa, saya adalah mahasiswa IAIN Pontianak. Sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Kalimantan Barat. Alhamdulillah, sebagai mahasiswa yang belajar di kampus ini, saya merasa bangga bisa menjadi salah satu mahasiswa di  IAIN Pontianak.


Dan untuk saya sendiri, perkenalkan nama saya Rahmat. Biasa dipanggil dengan sebutan Rahmat. Saya berasal dari kampung Teluk Harapan, desa Sepok Laut, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.



Tamu. Dosen di Universitas Kebangsaan Malaysia. Paling tinggi.


Share: 

Selfie di Pantai Temajok

Ini foto2 saat saya berada di temajok kecamatan Paloh kabupaten Sambas provinsi Kalbar. Sebuah pantai yang terletak di utara provinsi kalimantan barat, Indonesia. Ditempat ini, begitu banyak digunakan sebagai lokasi untuk mahasiswa2 seluruh Indonesia untuk kegiatan Kuliah Kerja lapangan.

Pernah juga di daerah ini di pake pada beberapa kampus, KKL kebangsaan bagi seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia.
Share: 

Minggu, 07 Februari 2016

Berkunjung ke Rumah Adat Dayak

Disini saya dan kawan-kawan menyaksikan berbagai ornamen keindahan rumah adat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat namanya, yang terletak di jalan Sultah Syahrir Kota Baru Pontianak, atau disamping rumah Melayu Kalbar. Rumah Radakng ini merupakana rumah adat Dayak Kalbar. Bersama itu, kita bisa menyaksikan berbagai ukiran dan rumahnya yang tinggi.

Rumah Radakng (Radakng merupakan bahasa Dayak Kanayatn dalam Bahasa Indonesia berarti, rumah betang atau rumah panjang) merupakan simbol semangat kekeluargaan, persaudaraan, gotong royong dan kebersamaan masyarakat Dayak. Rumah Radakng Kalimantan Barat yang terletak di Komplek Perkampungan Budaya Jalan Sutan Syahrir Kota Baru Pontianak ini sudah diresmikan oleh Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH Selasa (02/07/13) lalu. Peresmian ini sebagai bentuk penyampaian informasi kepada khalayak ramai bahwa bangunan ini sudah bisa digunakan. Rumah Radakng ini dibangun sebagai upaya pengembangan dan pelestarian adat istiadat. Karena rumah panjang punya nilai strategis.
Share: 

Senin, 01 Februari 2016

Cap Go Meh di Kota Pontianak

Tak terasa, perayaan imlek untuk tahun 2016 ini sudah dekat. Kota Pontianak dan Kota Singkawang merupakan kota tempat perayaan imlek paling ramai dari tahun ke tahun, sehingga di pusatkan di kota Singkawang. Cap Go Meh di Pontianak merupakan tradisi yang unik karena merupakan akulturasi budaya orang-orang Tionghoa dengan budaya masyarakat lokal.

Tatung/Louya adalah orang yang terpilih yang dirasuki roh leluhur yang memiliki kekuatan magis sehingga kebal terhadap tusukan, sabetan pedang, besi, maupun benda-benda tajam lainnya. Untuk menjadi Tatung/Louya selain dari proses belajar juga dari keturunan. Tak heran pada perayaan Cap Go Meh ada beberapa anak yang bisa menjadi Tatung/Louya dan ikut melakukan parade keliling Kota Pontianak.

 

Sumber Gambar


Share: 

Event Budaya Pontianak

Anda penasaran tentang budaya-budaya Kalbar khususnya Pontianak. Tak perlu cemas saya akan membahas beberapa event budaya yang ada di kota Pontianak. Ini akan. Diantara kalender event itu mungkin lebih baiknya saya jelaskan sebagai berikut:
·         Cap Go Meh (Februari)

     
Share: