Minggu, 20 Desember 2015

Minum Kopi di Laut

Sepertinya sangat tidak asing lagi untuk minuman yang berwarna hitam ini. Semua orang sudah tahu. Mereka yang suka minum kopi terkadang jika sehari saja tidak menjumpai minuman ini, terasa ada yang kurang dihari itu. "Tengok saja saya sebagai seorang nelayan, setiap akan hendak melaut, pasti saya mintakan istri atau anak gadis saya, agar mereka menyiapkan satu muk kopi". Ujar Wak Cake, seorang nelayan asal Desa Sepok Laut ini. Baginya, jika melaut ditengah malam, perlu menjaga mata agar tetap melek, kopi adalah minuman yang perlu dibawa ketika akan melaut, agar mata tetap melek.

Berbeda lagi dengan Wak Dalek, seorang buruh bangunan di kota Pontianak ini. Baginya, kopi adalah sesuatu yang harus dihidangkan mana kala pagi datang. "Saya selalu minum kopi setiap paginya, kecuali di bulan puasa, tak terkecuali pagi, malam pun ketika akan beristirahat, segelas kopi adalah sebuah kewajiban". Ujar bapak tiga anak ini.

Lain pula dengan si Bacok ini, seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di kota Pontianak ini. Minum kopi baginya dapat memberikan inspirasi dan ketenangan dalam mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. "Saya ketika akan mengerjakan tugas-tugas kuliah, secangkir kopi harus dihidangkan, disitu saya banyak menemukan inspirasi dan bergairah dalam mengerjakan tugas. Ujar si Bacok sambil meminum kopinya.

Kopi memang tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Saat ini, orang sudah banyak membuka usaha-usaha dalam penjualan kopi. Tak terkecuali Warung Kopi, banyak membanjiri kota-kota besar. Dari yang menyediakan fasilitas wifi gratis, hingga beragam bacaan yang disediakan oleh pengusaha kopi. Dengan syarat, konsumen harus memesan minuman kopi tersebut tentunya. Beragam fasilitas pun disediakan dengan sekeren mungkin. Tampilan suasana tempat yang nyaman bagi pengunjung. Hingga beragam interior yang siap memanjakan mata bagi yang memandangnya.

Pun begitu banyak tulisan yang menceritakan tentang kopi. Baik itu sekedar puisi hingga novel. Dari sekedar lagu, hingga film yang menceritakan tentang kopi. Sebegitu kayanya perusahaan kopi, hingga sponsor-sponsor pada event-event di fasilitasi oleh perusahaan kopi. Tengok saja pada acara-acara di Tivi.

Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda