Senin, 21 Maret 2016

Oleh-oleh Khas Pontianak


Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesi dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota menjadi simbol di dalam logo Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. (Wikipedia).

Dan kali ini saya akan membahas makanan khas dari Pontianak. Apa-apa saja makanan khas Pontianak tersebut? Yuk kita intip.

Kue Bingke
 
Sumber Gambar

Bingke yang terbuat dari campuran terlur, santan, sedikit terigu, dan gula pasir. Kue tradisional ini juga populer di kalangan turis yang datang ke pontianak, sehingga dijadikan buah tangan khas daerah ini.
Bahan utama dari kue bingke Pontianak cukup sederhana. Seperti:

1. Tepung terigu
2. Telur
3. Santan
4. Gula pasir
5. Garam

Ada juga kue bingke yang dipanggang, ada pula yang dikukus yang dinamakan Bingke berendam (bahasa pontianak). Kue bingke merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, telur, gula dan santan. Sebelum disajikan, kue bingke biasa nya harus dipanggan dua kali baru bisa di hidangkan. Setidaknya butuh waktu 1 jam untuk memanggang kue bingke.

Sotong Pangkong

Sumber Gambar

Di Pontianak memiliki satu makanan khas pada saat bulan Ramadhan. Yaitu cumi kering atau akrab di sebut sotong pangkong. Warga Pontianak biasa menyebutnya sotong pangkong sebab sebelum disajikan cumi dipukul-pukul atau di pangkong dalam bahasa Pontianak nya.

Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan mengunanakan arang, setelah dibakar cumi atau sotong tersebut dipukul-pukul mengunakan palu. Kenapa dipukul-pukul tujuannya adalah agar rasanya gurih dan nikmat.

Rasa sotong pangkong ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun unik. Setelah di bakar cumi atau sotong dipukul-pukul menggunakan palu.

Setiap bulan Ramadhan di Jalan Merdeka Kota Pontianak banyak ditemukan pedagang kali lima yang menyajikan makanan khas Pontianak ini.

Sotong Pangkong akan terasa nikmat apabila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya bercampur asin, gurih dan pedas. Penyuka Sotong Pangkong ini sangat beragam, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Masyarakat Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menikmati Sotong Pangkong, karena Sotong Pangkong ini hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan saja.

Tempoyak

Sumber Gambar

Tempoyak adalah makanan yang berasal dari Durian yang difermentasi. Tempoyak merumakan makanan khas Pontianak yang biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga bisa dimakan langsung, tetapi hal ini sangat jarang sekali dilakukan masyarakat pontianak karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak. Ternyata tempoyak juga biasa dujadikan bumbu masakan.

Lempok Durian

Sumber Gambar

Lempok Durian adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari buah durian dan sedikit ditambahkan gula. Karena cita rasa legitnya yang khas lempok durian banyak digemari oleh banyak kalangan.

Berbagai Olahan dari Lidah Buaya
Aloe Vera, atau yang lebih kita kenal dengan nama Lidah Buaya adalah sebuah tumbuhan yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan. Bisa digunakan untuk kecantikan, obat-obatan, bahkan bahan makanan. Lidah buaya Pontianak memiliki ciri yang lumayan berbeda dari lidah buaya yang di tanam di daerah lain. Lidah Buaya Pontianak memiliki ukuran lebih lebar dari lidah buaya pada umumnya. Lidah Buaya pontianak juga memiliki kualitas daging yang sangat bagus, apabila diolah, tidak akan mudah lembek.

Hal ini dipengaruhi oleh struktur tanah yang terdapat di kalimantan barat, khususnya Pontianak. Dilintasi garis khatulistiwa dan mendapat asupan panas dan hujan secara teratur setiap tahunnya, membuat tanah-tanah di pontianak menjadi gembur dan subur. Di Kalimantan Barat juga banyak terdapat lahan rawa gambut, yang mana, lahan inilah tempat terbaik berkembangnya tumbuhan lidah buaya.

Sudah banyak sekali olahan makanan yang dihasilkan dari lidah buaya pontianak, berikut diantaranya

Kerupuk Lidah Buaya
  1. Kerupuk berbahan umbi-umbian dan berbagai jenis tepung mungkin bukan hal yang baru lagi bagi kita, bagaimana dengan kerupuk yang berbahahan dsasar lidah buaya? sebuah serat lembut berlendir, pernahkah kita membayangkan bagaimana mengolah kerupuk dari bahan seperti ini?

    Isun Vera sebuah usaha rumahan milik seorang wirausaha muda kebangsaan tionghoa, dirumah usaha ini, setiap harinya terjadi proses produksi pengolahan berbagai bahan makanan berbahan dasar lidah buaya.
    Lidah Buaya Pontianak
    Kerupuk Lidah Buaya
  2. Permen Lidah Buaya
    Masih dari CV Isun Vera, permen lidah buaya? bayangkan bagaimana rasanya, kenyal-kenyal berlendir :p tidak seperti ini yang sebenarnya, lidah buaya yang telah dicuci bersih akan dijemur kering,baru kemudian dicammpur dengan ramuan khusus, sehingga kemudian bisa diolah menjadi permen.
    Lidah Buaya Pontianak
    Permen Lidah Buaya
  3. Es Lidah Buaya
    Yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi kita semua, sebuah minuman pelepas dahaga sekaligus obat pereda panas dalam tersebut sudah dipantenkan menjadi oleh-oleh khas pontianak. Bisa didapatkan si semua outlet yang menjual oleh-oleh khas daerah Pontianak.
    Es Buaya Pontianak
    Es Lidah Buaya
Tertarik mencoba semua makanan khas diatas? silahkan datang ke pontianak! :))
Jika kalian mengunjungi Kota Pontianak jangan lupa untuk mencicipi Makanan Khas nya ya..

Sumber Referensi Disini, 
Wikipedia
 http://borneowisata.blogspot.co.id/2013/12/lidah-buaya-pontianak.html



Share: 

21 komentar:

  1. Hm ada olahan lidah buaya juga ya?
    wah baru tahu di Pontianak ada Tempoyak, dan dua makanan lain, itu yang durian waaah mau dong hehe
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  2. penasaran sama kue bingke dan tempoyaknya. sepertinya bakal melumer di mulut *elapiler

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm Tempoyak sudah begitu terkenal di Kalbar, Pontianak pada umumnya.

      Hapus
  3. Mau tahu kue bingke enak dimane??? Jawabnya adalah di Bingke Kamboja, rasenye nyaman dan lumer dimulut. Ini baru namenye bingke berendam benar2 berendam. :-D

    BalasHapus
  4. aku pernah lihat liputan soal kerupuk lidah buaya,,,
    kayaknya enak dan sehat yaaa

    waaaa ada lempuk durian juga, samaan dong sama bengkulu

    BalasHapus
  5. Penasaran dengan olahan lidah buayanya.. kayaknya menarik untuk dicobaiinn,,, :)Kirimin aku mas. *Ehh :P

    BalasHapus
  6. Banyak varian durian dimana-mana. Saya pesen es lidah buaya saja hehehe...kebetulan hawa lagi panas, sepertinya fresh kalau minum es :)
    @ge1212y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pontianak juga panas, kebetulan disini terjadi titik kulminasi pada beberapa hari yang lalu.

      Hapus
  7. Waduh, belum pernah coba satu pun nih aku. Penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sekalo-kali datang ke Pontianak mbak..

      Hapus
  8. pernah dibawain olahan lidah buaya ama teman mama dari pontianak.. mantap kali rasanya
    permen klo ga salah

    BalasHapus
  9. Kuliner semuanya ya. Aku pernah makan tempoyak buat lauk, enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka Tempoyak mas, apalagi di buat sambel. Hmmm.

      Hapus
  10. Aku paling suka sama kue bingke.. Enak

    BalasHapus
  11. Dominasi kudapan dari lidah buaya, unik khas oleh-olehnya. Ehmm..Kue Bingke nampaknya lezat

    @siethi_nurjanah

    BalasHapus
  12. Nata aloe vera, pernah dapat oleh2 itu. Lupa sih namanya, tapi bentuknya kayak nata dde coco, enak buat es

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda