Senin, 15 Februari 2016

Motivasi Pelajar Untuk Punya Blog

Sudah beberapa kali saya ditanyai orang tentang penghasilan saya selama ngeblog. Banyak sudah kawan-kawan yang bertanya tentang perihal blog yang saya kelola ini. Baik itu kawan-kawan mahasiswa, ataupun dari adik-adik pelajar sendiri. Kesemua itu pertanyaannya mengenai perihal penghasilan saya selama menulis blog ini.

Saya menjumpai adik-adik SMA yang sudah pernah membaca tulisan di blog saya ini. Lalu kemudian, terjadilah dialog sebagai berikut:


Sumber Gambar blog disini



Adik SMA: “Bang Rahmat tolong ajarin bikin blog dong!
Saya: “Boleh”
Adik SMA: “Oke kapan Bang? Oh iya, berapa penghasilan abang selama ngeblog?
Saya: “Terserah deh, adik bisanya kapan, nanti biar abang ajarin cara buat blog. Lumayan”
Adik SMA: “Oke bang. Makasih.
Saya: "Sama-sama dek"

Itulah dialog saya dan adik-adik pelajar sekolah tentang motivasinya ngeblog. Dia berpikiran bahwa ngeblog itu langsung mendapatkan uang. Padahal tentu tidak demikian, perlu waktu dan proses yang panjang hingga kita bisa berhasil dari ngeblog.

Menurut saya, ada beragam motivasi orang dalam menulis di blog. Misalnya untuk komersil, untuk berbagi atau hanya sekedar hobi saja. Memang begitu banyak orang yang mendapati uang dari tulisan di blog nya, tapi sadarlah, ketika menulis di blog, jangan dulu deh kepikiran untuk mendapatkan uang. Niatkanlah kita menulis ini untuk beramal dan berbagi sesama”.

Menulis adalah sebuah seni. Maka tak banyak orang yang bisa menulis. Namun kemampuan menulis tentu dapat diasah oleh siapapun juga, menulis begitu mengasyikan bagi setiap orang, karena dengan menulis orang-orang akan dimudahkan segala mengingat dan bisa berbagi ilmu lewat kata-kata yang dibalutinya.

Untuk itu, perlu nya sebuah tulisan sebagai pengingat kisah-kisah kita dan cerita-cerita tentang kehidupan ini. Banyak para Nabi dan Rasul maupun para filsuf-filsuf yang namanya masih abadi hingga saat ini dan masih dikenang dengan kemahiran dan keterampilannya karena karyanya yang masih dikenang itu karena tulisan. Pun tokoh agama, pejuang-pejuang zaman dahulu mereka masih bisa kita ketahui olehnya sebuah tulisan yang selalu mengabadikan keberadaan mereka semua. 

Maka dengan blog pun kita bisa memulai untuk sebuah perubahan. Menulis untuk menasehati diri sendiri. Menulislah.


Share: 
Lokasi: Pontianak, Kalbar Indonesia Pontianak, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda