Senin, 08 Februari 2016

Aku dan Club Menulis

Sebagaimana yang telah teman-teman ketahui sebelumnya, bahwa, saya adalah mahasiswa IAIN Pontianak. Sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Kalimantan Barat. Alhamdulillah, sebagai mahasiswa yang belajar di kampus ini, saya merasa bangga bisa menjadi salah satu mahasiswa di  IAIN Pontianak.


Dan untuk saya sendiri, perkenalkan nama saya Rahmat. Biasa dipanggil dengan sebutan Rahmat. Saya berasal dari kampung Teluk Harapan, desa Sepok Laut, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.



Tamu. Dosen di Universitas Kebangsaan Malaysia. Paling tinggi.


Saya bergabung di Club Menulis, tentu ada alasannya.

Pertama, saya ingin belajar menulis.
Kedua, saya ingin membangun relasi.
Ketiga, saya ingin menerbitkan buku.
keempat, saya ingin melihat seperti apa orang mencetak buku. (Alhamdulillah sekarang udah melihat, secara manual).
Kelima, dan lain-lainnya.

Club Menulis adalah sebuah komunitas kepenulisan yang ada di kampus IAIN Pontianak, Kalbar. Atau yang biasa disebut dengan Club Menulis IAIN Pontianak. Club Menulis IAIN Pontianak yang didirikan oleh Dr Hermansyah ini berdiri sejak tahun 2010 dengan pembimbingnya adalah Dr Yusriadi.

Logo Club Menulis IAIN Pontianak

Club Menulis IAIN Pontianak yang beranggotakan  mahasiswa IAIN Pontianak sendiri, kita diberi motivasi agar bisa berkarya, kita diajarin bagaimana menulis, mengedit naskah hingga dijadikan naskah buku yang siap cetak, juga bagaimana cara membuat cover buku. hasilnya kita cetak sendiri dan biasanya buku-buku karya kawan-kawan dilaunching di kampus dan diluar kampus. Hampir tiap bulannya, begitu banyak tamu yang datang untuk berkunjung ke Club Menulis ini. Baik tamu dari lokal maupun mancanegara.

Disini juga, selain diajarin menulis, sebagian besar anggotanya juga pernah ikut lomba karya tulis ilmiah, baik itu ditingkat kota, provinsi hingga nasional. Terbukti, begitu banyak kawan-kawan yang bernaung di Club Menulis ini pernah menjuarai lomba menulis, baik itu tingkat kota, provinsi hingga nasional. Alhamdulillah dengan tidak membangga-banggakan, saya juga pernah menjuarai lomba karya tulis ilmiah di tingkat provinsi dan nasional.

Pertama, saya diikut sertakan lomba Musabaqah Makalah Quran (MMQ), lomba karya tulis ilmiah Al-quran, dalam lomba ini, saya berkesempatan untuk mewakili IAIN Pontianak. Sebuah acara dua tahunan sekali yaitu acara Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) di IAIN Palu, Sulawesi Tengah. Lomba PIONIR ini sendiri, merupakan ajang nasional untuk Perguruan Tinggi Negeri Islam yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali,

Pionir ke VII Palu. Kontingen IAIN Pontianak

Kedua, ikut lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah, yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat. Lomba penulisan sejarah yang diikuti oleh mahasiswa yang ada di perguruan tinggi kalbar.  


Ketiga, lomba penulisan artikel. Yaitu Parade Cinta Tanah Air (PCTA). Lomba ini, sebenarnya ajang nasional, tapi untuk mengikuti ajang nasional, kita hendaknya mendapati juara satu dulu, untuk kategori tingkat provinsi. Dan alhamdulillah saya bisa mendapati juara satu tingkat Kalimantan Barat. Dan dengan begitu, saya berhak mempresentasikan artikel saya di Jakarta, acara ini dilaksanakan pada tanggal 10-15 September di TMII di Jakarta tahun 2015 yang lalu.




Keempat, kemudian lomba PCTA tingkat nasional, dalam lomba ini, saya hanya diminta untuk mempresentasikan artikel saya, alhamdulillah saya bisa mendapati juara harapan 3 di tingkat nasional, dan perlombaan ini, diikuti perwakilan m ahsiswa disetiap provinsi seluruh Indonesia.






Itulah beberapa hal yang saya rasakan ketika bergabung di Club Menulis. Walau bergabungnya agak terlambat, yakni disaat semester lima-an gitu, tapi saya merasa sangat bermanfaat bila dirasa saat bergabung. Pun juga banyak teman-teman anggota Club Menulis yang pernah menjuarai lomba menulis. Tak bisa saya sebutkan semuanya.

Sangat berterima kasih kepada pembimbing kami Pak Dr Yusriadi. Beliaulah inspirasi bagi saya dalam hal memotivasi diri dan kawan-kawan untuk selalu berkarya. Itulah sepenggal cerita tentang Aku dan Club Menulis.

Mohon maaf bila ada kesalahan. Saya hanya manusia yang tak luput dari khilaf dan salah. Semua karena ingin berbagi. Salam.

Share: 
Lokasi: Pontianak, Kalbar Indonesia Pontianak, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda