Senin, 11 Januari 2016

Tren Blogger Indonesia Tahun 2016

Hmm kembali lagi saya menulis di blog ini, alhamdulillah masih bisa diberikan waktu yang banyak buat nulis postingan yang bertema tentang Tren Blogger Indonesia di tahun 2016 ini. Setelah tadi yang pertama, saya mosting artikel bebas lihat disini. Kini saya menulis sesuai dengan tema yaitu Tren Blogger Indonesia tahun 2016. Berbicara tentang tren, itu tak lepas dari beberapa aspek kebutuhan hidup manusia.



Manusia memang sangat banyak kebutuhannya. Memang kalo kita lihat, apalagi dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat. Internet begitu mudah dijangkau oleh masyarakat, bukan hanya di kota, bahkan internet sudah bisa di akses di desa-desa yang jauh dari kota. Contohnya di desa saya yang lumayan mudah untuk mengakses jaringan internet. Walau di desa saya pesisir, saya rasa, mudah untuk mencari informasi pada media internet.

Begitu banyak informasi yang tersedia. Baik itu tentang agama, pelajaran, perjalanan, teknologi, kuliner, belanjaan online. Dan berbagai keperluan bisnis lainnya.

Perkembangan dunia bisnis terus berjalan seiring dengan berjalannya waktu. Tren-tren bisnis terus berkembang mengikuti semakin beragamnya permintaan pasar. Banyak orang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis dengan beragamnya permintaan dan kesempatan tersebut. Sebagian diantara mereka ada yang sukses, sebagian lagi ada yang gagal.

Terus terang, memang kalo dikatakan masih baru dalam dunia blog ini, tapi setidaknya saya bisa menyampaikan beberapa tanggapan tentang tema dari LBI 2016 tersebut.



Dan kalo menurut saya, yang lagi ngetren di tahun 2016 adalah tentang perjalanan, kuliner, teknologi, dan sudah barang tentu tentang dunia blogging.

Saya belajar ngeblog, dari tulisan-tulisan blogger yang menjadi panduan saya untuk membuat blog. Baik itu untuk cara menulis, mengedit, mendesain dan lain sebagainya. Sebab, untuk di daerah saya sendiri, sangat sulit mencari buku-buku tentang dunia blog. Terlebih lagi tentang kesuksesan orang-orang yang ngeblog. Belum pernah saya baca.

Tidak salahnya juga tentang tulisan-tulisan para blogger tentang motivasi-motivasi usaha, pengembangan diri, blogger tentang dunia tulis menulis serta tentang resep masak. Saya rasa, ini cukup ikut andil dalam tahun 2016 ini.

Karena sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa, MEA sudah di depan mata. Mau tidak mau kita sebagai masyarakat Indonesia harus siap bersaing untuk menghadapi persaingan pasar bebas tingkat ASEAN kelak.

Meskipun begitu, tentu orang akan banyak mencari informasi-informasi tentang perkembangan-perkembangan bisnis. Jadi saya rasa informasi tentang bisnis juga perlu ikut tren di tahun 2016 ini.

Saya rasa, itu saja tulisan saya mengenai tren blogger Indonesia di tahun 2016 ini. Mudaha-mudahan di tahun depan, saya bisa ikut berpartisipasi lagi, dalam mengikuti Liga Blogger Indonesia, yang saya baru mengetahui pertama di Indonesia dan dunia. Sebuah ide yang luar biasa, bagi perkembangan blogger Indonesia.

Salut buat LBI 2016 dan bagi penyelenggara. Semoga saja kedepannya perkembangan blogger Indonesia terus  mengalami kemajuan. Dan supaya bisa memberikan  informasi yang berguna bagi masyarakat dan bangsa.

Tapi perlu diketahui bahwa,  ngeblog bukan hanya untuk mencari uang, tetapi juga kepuasan ketika tulisan dibaca oleh banyak orang dan bermanfaat untuk orang lain, merupakan kebahagiaan tak ternilai melebihi dari mendapatkan hadiah dari lomba blog. Apalagi tulisan kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan. 

Ya, saya merasa senang apabila tulisan dan blog saya yang sederhana ini dibaca oleh orang lain. Terlebih ada yang mau coret-coret di bawah sebagai bentuk saran atau masukan bagi saya dalam penulisan blog ini. Terimakasih.
 
Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda