Sabtu, 02 Januari 2016

Ekspedisi Ke Kampung Arang

Memang tidak ada habis-habisnya Club Menulis IAIN Pontianak, meneliti dan menulis. Setelah beberapa waktu lalu Ekspedisi ke Kabupaten Sintang, Kalbar. kini Sabtu, 2 januari 2016 menjelajahi seputaran Sungai Kapuas. Tepatnya di Kampung Arang, Kabupaten Kubu Raya.

Sekitar 13 anggota, termasuk pembimbing kami Pak Dr Yusriadi, ikut serta dalam ekspedisi kali ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal tentang Kampung Arang. Lalu mendekskripsikannya ke dalam sebuah tulisan.

Setiap anggota sudah dibagikan apa-apa yang harus dikerjakannya. Tak pelak saya ikut serta merta dalam ekspedisi kali ini. Ekspedisi yang begitu seru. Karena selain lebih banyak mengetahui tentang beberapa hal, khususnya tentang keadaaan orang disana, saya juga bisa bersilaturahim dengan warga sekitaran gang Masjid di Kampung Arang.

Sekitar jam sepuluh pagi, semua sudah harus datang ke kampus. Agar tak kebingungan, tentunya semua yang ikut, sudah diberikan gambaran pertanyaan oleh pembimbing apa-apa yang akan dikerjakan dan ditanyai nanti. 

Beberapa hal yang akan dikerjakan oleh anggota yang ikut serta, antara lain; indentitas etnik, Pola nama orang kampung, Pandangan masyarakat tentang orang Pontianak, Budaya yang masih hidup di Kampung Arang, Pendidikan disana, pendidikan non-formal, kegiatan ekonomi, sejarah kampung Arang, Kehidupan, permainan anak, dan sungai Kapuas bagi masyarakat kampung Arang.

Untuk saya sendiri, sesuai dengan jurusan yang saya geluti selama kuliah ini, yaitu menanyai kegiatan ekonomi masyarakat disana. Apa saja mata pencaharian orang sana, dimana kerjanya, berapakah hasilnya dan untuk apakah hasilnya. Walaupun jurusan ekonomi itu tidak menjamin perekonomian saya. Ya, setidaknya sedikit banyak bisalah saya mengerti dan memahami segala macam teori ekonomi.

Kampung Arang. Itulah namanya. Tepatnya di Gang Masjid, saya dan kawan-kawan yang sedari jam sebelas berangkatnya dan sampainya kurang lebih setengah dua belas siang, langsung beraksi disekitaran gang,  untuk menanyai beberapa hal, seputaran Kampung Arang. Tentunya pertanyaan tak melenceng dari tema.

Pertanyaan yang sudah dijawab, lalu kemudian dicatat dan segera akan ditulis kembali. Oh iya, selain meneliti, kegiatan ekspedisi kali ini, juga dibarengi dengan launching buku yang ditulis oleh pak Yus dan buku hasil dari ekspedisi anggota Club Menulis ke Sintang beberapa waktu yang lalu. Acara launching diselenggarakan di Surau Al-Mustaqim Gang Masjid, Kampung Arang ba’da sholat zuhur.



Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda