Sabtu, 24 Juni 2017

Bergeraklah

Belum sempat tergapai segala apa yang dituju. Ini cita-cita yang berkesungguhan. Terserah nantinya akan jadi apa dan seperti apa. Tak tahu sebenarnya jalan ini dilangkah. Pokoknya tetap saja mesti harus bergerak. Ibaratkan perputaran bumi pada porosnya, jika bumi ini berhenti  bergerak mengitari sang matahari, tabrakan antar planet di galaksi bimasakti ini tak kan terhindari. Planet-planet akan bertabrakan dan saling menghantum satu dengan yang lainnya. Tentu ini akan membuat kehancuran bimasakti ini. Begitupun juga dengan manusia. Apabila manusia berhenti dan tidak bergerak melanjutkan perjuangan yang akan dicitakan, tentu akan membuat manusia semakin redup prestasi hidupnya, bahkan bisa menghancurkan kehidupannya.

Bergerak dan bergerak. Menggerakan tubuh dengan berolahraga, menggerakan kemampuan berpikir dengan membaca dan berdiskusi. Menggerakan untuk melatih mental agar terhindar dari kekosongan jiwa raga.

Bukankah sudah kita ketahui bahwa jika tubuh manusia itu jarang sekali bergerak, dalam artian berolahraga, tentu akan tidak mudah baginya mendapatkan tubuh yang ideal. Tubuh yang jarang digerakan akan sulit mengumpulkan energi yang akan menjadikan badan kita ini sehat dan fresh tentunya. Itulah manfaat berolahraga.

Ketika Siti Hajar yang kehausan ingin mencari air, ia keliling mengitari bukit Shafa dan Marwa selama tujuh kali. Apa yang dapat dipelajari dari kisah istri Nabi Ibrahim tersebut? Ya, tugas kita hanya berusaha. Meskipun Siti Hajar mengitari Bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali, Allah tidak memberikan apa yang ia butuhkan. Allah justru memberikan apa yang dibutuhkannya di tempat yang tak pernah ia duga. Begitu pula dengan kita.

Mempelajari kisah ini semoga membawa kita lebih bersemangat menjalani hidup dan tidak putus asa berjuang dalam menghadapi ujian. Sesungguhnya Allah menempa diri kita supaya menjadi manusia yang lebih berkualitas. Allah menginginkan kita menjadi manusia yang lebih bijak, lebih tangguh, dan melakukan lebih banyak amal saleh. 

Itulah yang dimaksud dengan action. Tindakan untuk berubah. Ikhtiar dalam menggapai cita serta menjalani hidup agar hidup ini semakin hidup.



Share: 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda