Jumat, 31 Maret 2017

Islam dari Pesisir sampai ke Pedalaman di Kalimantan Barat

Kalimantan selalu mendapat tempat yang khusus dalam bayangan orang Barat; hutanlebat, orang hutan dan pemburu kepala (head hunters). Pulau Kalimantan, pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan Papua, terletak ditengah-tengah kepuluana Nusantara. Kalimantan adalah sebuah dataran yang tidak rata dengan hutan tebal, dilalui oleh sungai-sungai seperti Kapuas, Mahakam, Rejang, Baram dan Barito (hal. 1).


Provinsi Kalimantan Barat tentu kita sudah tahu dimana letaknya. Dengan memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas, ditemukan bahwa secara umum dapat dikatakan bahwa Islam masuk di Kalimantan Barat melalui dua jalur. Pertama, pertama melalui pesisir barat dan selatan. Kedua, melalui jalur timur (hal. 9).

Buku ini menceritakan tentang Islam yang ada di Kalimantan Barat. Khususnya Islam yang ada di Pesisir dan pedalaman  Kalimantan Barat. Diketahui juga, Islam yang katanya awal mulanya pertama masuk itu di daerah pesisir kemudian barulah menyusur ke pedalaman, seperti itu yang kita ketahui secara umum.

Kalo sebab-sebab terjadinya islamisasi mungkin kita sudah tahu, bisa dari perkawinan dan perdagangan. Dari buku ini ceritakan Islam pesisir yang ada di desa Sepok Laut, Kecamatan Sungai Kakap, Kapupaten Kubu Raya dan Islam pedalaman yang ada di kawasan Embau, Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu.

Kesimpulan, corak Islam di Kalimantan Barat cukup beragam. Berbagai macam tradisi dan budaya yang diaktualisasikan sebagai cirri khas Islam di Kawasan ini. Sebagai penutup dan kesimpulan dari apa yang saya baca dari buku ini bahwa bukti Islam yang katanya awal mula masuk di pesisir itu tidak bisa dikatakan masyarakat pesisir itu relijius. Begitupun juga dengan keberadaan Islam di pedalaman, walaupun katanya masuknya atau terjadi islamisasinya lebih dulu dari pesisir, tapi dari buku ini, dicerminkan dari pada apa yang diamalkan dan diaktualisasikan oleh masyarakat pedalaman. Islam lebih diaktualisasikan di pedalaman daripada pesisir. Itu hasil kesimpulan yang saya baca.

Untuk kalian yang penasaran dan merasa kurang puas dari apa yang saya simpulkan, kalian bisa membaca buku ini pada versi pdf-nya disini. Kalian bisa download bukunya gratis. Semua bukunya gratis disediakan langsung dari website penulis itu sendiri. Selamat membaca.
Tentang buku:

Judul: Islam dari Pesisir sampai ke Pedalaman Kalimantan Barat.
Penulis: Dr. Hermansyah.

Penerbit: STAIN Pontianak Press, 2009.
Share: 

2 komentar:

  1. Menarik. Aku jadi pengen baca. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di download disini mbak
      http://www.hermansyah.iainptk.ac.id/download/islam-dari-pesisir-sampai-ke-pedalaman-kalaimantan-barat

      Hapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda