Selasa, 21 Februari 2017

Pesona Pantai Beting Tengah

Kalimantan Barat dengan beragam macam suku budaya serta seni dan wisatanya telah mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Meskipun hanya seberapa, dan alasannya tentu kurangnya informasi tentang keberadaan wisata kalimantan Barat. Nah inilah tugas kita sebagai generasi muda untuk memajukan provinsi tercinta kita ini.
Keceriaan di Pantai Beting Tengah Desa Sepok Laut
Mungkin tak banyak yang mengetahui sebuah pulau kecil yang berada di ujung kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya ini. Ya, memang betul, minim sekali dari liputan dari media-media lokal tentang keberadaan pantai yang menjadi objek wisata di daerah ini.

Pantai yang terletak di desa Sepok Laut Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya ini sudah menjadi tempat wisata bagi orang-orang luar. Terutama mereka yang berasal dari kota Pontianak dan Kubu Raya, kerap kali berkunjung di pantai yang bernama Pantai Beting Tengah ini.

Adapun alasan kenapa nama pantainya di sebut Pantai Beting Tengah adalah karena ini memang letak pasirnya ditengah laut. Sebagian masyarakat desa Sepok Laut menyebutnya dengan pulau pelindung kampung.  Uniknya pasir di pantai ini tidaklah lembek bila meninjakan kaki kita disana. Ya, pasir di pantai ini cukup keras seperti tanah. Kepadatan pasir inilah yang membuat masyarakat, baik tua maupun muda senang bermain di pantai ini. Terutama untuk bermain sepak bola.

Pantai Beting Tengah terlihat dari pinggir desa Sepok Laut
Dikatakan sebagai pelindung kampung? Sebab dari pantai inilah yang bisa melindungi sebagian desa Sepok Laut dari ombak. Apalagi kalo lagi musim lagi tidak bersahabat. Angin kencang. Tentu ombak akan masuk sampai ke pinggiran rumah-rumah penduduk. 

Sepok Laut adalah sebuah desa yang tidak terlalu jauh dari kota Pontianak. Tepatnya di kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Perjalanannya jika hendak akan bepergian ke Sepok Laut bisa kita melewati Sungai Kakap kurang lebih setengah jam setengah dari kota Pontianak. Kemudian kita akan mendapatin pelabuhan yang memberikan jasa tumpangannya dari sana. Tak perlu bingung, Tanya saja kepada orang-orang di pasar Kakap pelabuhan pasti mereka semua tahu. Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu “Sepok Laut” yaitu daerah pesisir
 
Sepok Laut ditulis Sepuk Laut. Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu bahwa Sepok Laut adalah daerah pesisir yang berbatasan sebelah selatan dengan Kecamatan Teluk Pakedai, sebelah timur berbatasan dengan desa Tanjung Saleh, sebelah utara dekat Laut Natuna. Sepok Laut dikenal dengan daerah penghasil ikan, mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Hampir beberapa ton ikan dan udang baik jenis ikan dan udang air tawar maupun laut ditangkap setiap harinya. 

Nah fokus ke wisata pantai Beting tengahnya, hampir setiap sore dan air surut ramai dikunjungi penduduk. Baik yang dari luar hingga warga setempat. Pantai ini dijadikan sebagai tempat bermain sepak bola dan hiburan. Dan Anda bakalan terpesona melihat pemandangannya disini, apalagi disaat matahari terbenam dan terbit. Wuih benar-benar indah pemandangannya.

Waktu yang paling ramai dikunjungi orang adalah waktu lebaran. Baik lebaran idul fitri maupun lebaran haji. Ribuan orang yang entah dari mana saja datang ke pantai ini.  Mereka yang datang ada yang dari Pontianak dan masih banyak dari kabupaten lainnya bahkan orang yang dari Jawa pun pernah menginjakan kaki di pantai ini.

Saya sendiri pernah bertanya kepada seorang kenalan dari Kabupaten Bengkayang. Dia bilang. “oh dari Sepok Laut, saya pernah kesana, disana ada pantainya yang bernama Beting Tengah. Disana saya pernah diajak teman berlibur. Mantap sekali pantainya. “

Dan saya juga pernah membawa teman-teman sekolah SMA saya dulu. Banyak yang memberi kesan indah sekali pantainya dan ingin sekali pergi lagi disana. Hingga saat ini pun baik itu teman kuliah atau pun dosen yang mau pergi juga memberi kesan yang sama. 

Saya tidak bilang pantai ini bagus dan indah. Tapi ini murni dari hasil saya bertanya kepada mereka-mereka yang pernah ke Pantai Beting Tengah. Ingin menyaksikan bagaimana? Silahkan datang secara langsung mengenai pantai ini.

Semoga tulisan ini dapat membantu Jejaring Jejaring WIsata Kalimantan Barat yang telah berupaya memperkenalkan berbagai macam Objek Wisata Kalimantan Barat. Semoga dengan adanya informasi tentang Beting Tengah ini, orang luar semakin tahu ternyata di desa Sepok Laut itu ada pantai yang tak kalah dengan pantai yang lainya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017 Jejaring Wisata Kalimantan Barat.



Sumber: https://rahmatmenong.blogspot.co.id/2017/01/selayang-pandang-tentang-desa-sepok-laut.html

Lampiran  Video dan Foto Pantai Beting Tengah :

Vlog di Pantai Beting Tengah Desa Sepok Laut Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sebuah wisata andalan masyarakat di desa ini.


Video Pantai Beting Tengah juga mari liat juga video dibawah ini:
 






Share: 

17 komentar:

  1. Kalimantan, ya? Wah, belum pernah ke sana. Bagus banget tempatnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tepatnya di Kalbar, kabupaten Kubu Raya. Mari.

      Hapus
  2. Wow keren banget pantai Sepok Laut punya. Pengen banget kesana. Aku baru tahu nih..

    BalasHapus
  3. Tuhkan bener di Kalimantan punya pantai yang bagus-bagus.
    btw sukses ya lombanya aku juga mau ikutan sebeernya, tapi aku belum pernah ke kalimantan jadi ga tau harus mengulas destinasi wisata apa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.kebetulan lombanya hanya bagi blogger yg berdomisili di Kalimantan Barat saja. Ok Terimakasih kang.

      Hapus
  4. Oi, Sepok Laut ade pantai bagos na. Rogi law dak kesinek, haha.

    BalasHapus
  5. Become a Master with ROYALQQ.

    ROYALQQ memberikan BUKTI bukan JANJI.

    200% FAIR PLAY | 200% PLAYER vs PLAYER

    PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW CEPAT HANYA 1 MENIT!
    MINIMAL DEPOSIT 15.000
    BONUS TURNOVER 0.5% [EVERYDAY!]
    BONUS REFFERAL 20% [SEUMUR HIDUP!]

    Kami menyediakan 7 HOT GAMES Terpopuler dalam 1 ID.
    -DOMINO | -BANDARQ | -BANDARPOKER | -POKER | -CAPSA | -ADUQ | -SAKONG ONLINE

    Rasakan bedanya bermain di ROYALQQ.

    REGISTER FREE : https://goo.gl/s7NzNZ

    Contact Us :
    Call : +855 8771 3624
    BBM : 2B68D666

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda