Selasa, 18 Oktober 2016

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia. Sebuah ibu kota provinsi Kalimanta Barat yang banyak terdapat seni, budaya dan kulinernya. Pontianak juga dikenal dengan kota khatulistiwa sebab, dimana akan ada peristiwa titik kulminasi setiap dua tahun sekali.
 
Karena alasan pendidikan, tahun 2009 saya sudah menetap di Kota ini. Kota khatulistiwa. Kota yang dikenal dengan berbagai macam seni budaya, kuliner dan juga Tugu Khatulistiwa yang merupakan salah satu icon kota ini. Dan masih banyak lagi yang perlu saya kupas di tulisan kali ini.

Dulu, waktu belum pernah sama sekali datang di kota ini, saya hanya mendengar dari cerita orang tua saya yang saat itu sering pulang pergi ke kota Pontianak. Saya selalu bertanya kepada orang tua saya, kenapa saya tidak pernah diajak ikut bersamanya. Ah, saya masih kurang terlalu paham dengan alasan kedua orang tua yang kenapa pada saat itu tidak pernah mengajak saya ke kota Pontianak.


Akhirnya, ketika kelas enam SD, barulah saya diajak ayah dan ibu untuk berkunjung ke tempat keluarga. Cukup banyak keluarga saya di kota ini. Memang tidak terlalu jauh jarak dari desa saya desa Sepok Laut ke Kota Pontianak. Lumayan dekat.

Akhirnya, saya dengan “terpaksa” hijrah ke Kota Pontianak demi melanjutkan sekolah hingga saya kuliah pun juga di salah satu kampus negeri yang ada di Kota Ini. IAIN Pontianak. Lanjut cerita. 

Berita Terbaru tentang kota Pontianak tentu begitu banyak, dan menurut beberapa Informasi Terkini yang saya dapatkan, pada HUT Kota Pontianak yang ke 245 ini, bahwa akan diadakan lomba nulis blog, bagi para blogger Kalbar, dan kota Pontianak pada khususnya. Temanya pun tentu tentang kota Pontianak juga. Ah baiklah, kita mulai.

Ada beberapa destinasi yang menarik di kota Pontianak yang perlu kita ketahui, orang Pontianak sudah tahu apa-apa saja yang saya tulis ini, tapi bagi mereka yang belum pernah datang ke Pontianak, perlu mengetahui apa-apa saja tempat-tempat keren yang ada di Pontianak. Mari kita simak:

Masjid Jami`

Masjid Jami kesultanan Pontianak yang dibangun pertama kali oleh sultan pertama sekaligus pendiri Kota Pontianak Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Masjid yang sekaligus menjadi awal dimulainya sejarah kota Pontianak yang setiap tahun diperingati sebagai hari lahir kota Pontianak, ibukota Propinsi Kalimantan Barat. Masjid Jami tua tersebut kini dinamai sesuai dengan namanya sebagai Masjid Sultan Abdurrahman– Pontianak.

Masjid Mujahidin


Masjid Raya Mujahidin, yang berdiri megah di pusat Kota Pontianak sejak tahun 1978 ini, telah memasuki tahap akhir renovasi pembangunannya. Hal ini ditandai dengan diresmikannya Masjid terbesar di Kalimantan Barat tersebut oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo pada hari Selasa, 20 Januari 2015 (29 Rabiul Awal 1436 H).


Keraton Kadriyah

Istana ini merupakan peninggalan kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada 14 Rejab 1185 H bersamaan 23 Oktober 1771M dan terletak 4 km dari pusat kota dan terletak di Kampong Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Istana ini masih menyimpan berbagai macam benda peninggalan seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan salasilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie hingga kepada sultan kelapan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie yang memerintah pada tahun 1945.

Tugu Khatulistiwa

Terletak disisi jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Sekitar 30 menit dari pusat kota, kearah kota Mempawah. Tugu Khatulistiwa dibangun sebagai petanda bahwa kota Pontianak tepat dilalui garis Khatulistiwa. Berdasarkan pada catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari Van En W oleh Opzihter Wiese yang dikutip dari Bijdragentot de Geographie dari Chep Van den topographieschen dient in Nederlandsch Indie : Den 31 Sten Maart 1928, telah datang di Pontianak suatu ekspedisi internasional yang dipimpin seorang ahli geografi yang berkebangsaan Belanda. Dalam menentukan titik atau tonggak garis khatulistiwa di Pontianak.


Di kawasan tugu ini, setiap tanggal 21-23 Maret dan September menjelang tengah hari selalu diperingati kejadian  alam yang unik dimana posisi titik perpotongan antara pusat matahari dengan garis khatulistiwa yang berada pada posisi 109 20” dan 00” Bujur T, disebut kulminasi. Pada saat itu semua benda yang berada disekitar tugu tidak memiliki bayangan.

Setelah wisata, masih banyak lagi, yakni berbagai macam kuliner yang ada di Kota Pontianak

Kuliner Khas Pontianak

Seni Jepin Pontianak


Tulisan ini disponsori oleh:


 


Share: 

9 komentar:

  1. Masjid Mujahidin, masjid kebanggaan orang Pontianak, Kalbar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. maju pontianak, kite doekan pontianak jadi ibu kote negare Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga ibu kota negara pindah ke pontianak.. :-)

      Hapus
  3. Ya..ampuun itu masjidnya pingin banget di jelajahi
    Bicara soal Pontianak semasa sekolah dulu pingin bgt bs berkunjung ke tugu khatulistiwa

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda